Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KAI Borong Puluhan Lokomotif Ramah Lingkungan untuk Gotong Batu Bara

PT Kereta Api Indonesia mendatangkan puluhan lokomotif berjenis GT38AC atau dikenal di Indonesia sebagai CC 205 yang efisien
PT Kereta Api Indonesia (Persero) memborong puluhan lokomotif untuk angkutan batu bara di Sumatra Selatan
PT Kereta Api Indonesia (Persero) memborong puluhan lokomotif untuk angkutan batu bara di Sumatra Selatan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Kereta Api Indonesia (Persero) tengah mengembangkan angkutan barang di Sumatra Selatan, salah satunya dengan mendatangkan puluhan lokomotif berjenis GT38AC atau yang dikenal di Indonesia sebagai CC 205.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Didiek Hartantyo mengatakan pengadaan lokomotif tersebut untuk mendukung target 85 juta ton angkutan batu bara di Sumatra bagian selatan Pada 2026, di mana pada 2023 telah tercapai sebanyak 51 juta ton.

“Pembelian lokomotif ini juga dimaksudkan untuk mendukung pertumbuhan energi domestik dan memenuhi permintaan energi di dunia internasional yang terus meningkat,” ujarnya dalam pernyataan resmi, Kamis (15/2/2024).

Didiek menyatakan kemampuan menarik kereta atau gerbong yang besar dari lokomotif GT38AC atau CC 205 yang ramah lingkungan ini memberikan dampak yang signifikan dalam hal efisiensi dan emisi karbon yang dikeluarkan.

KAI, menurutnya, terus membangun kolaborasi dengan perusahaan di dalam dan di luar negeri, terutama  sebagai komitmen perusahaan untuk mengurangi emisi karbon, mitigasi polusi udara, serta tujuan untuk merawat warisan alam Indonesia bagi generasi mendatang.

“Ini adalah wujud nyata kehadiran pemerintah dalam menyediakan transportasi kereta api untuk masyarakat melalui layanan KAI. Lokomotif ini dilengkapi dengan teknologi terbaru dan fitur-fitur yang ramah lingkungan sehingga mampu untuk mencapai standar yang tinggi dalam mendukung keberlangsungan lingkungan,” tambahnya.

Penyediaan puluhan lokomotif tersebut ditandai dengan penandatanganan kontrak kerja sama pengadaan 54 lokomotif antara KAI dengan Progress Rail (Anak Perusahaan Caterpillar) yang berasal dari Amerika Serikat di Gedung Jakarta Railways Center, Jakarta Pusat, Kamis (15/2/2024).

Penandatanganan perjanjian ini dilakukan oleh Direktur Niaga KAI Hadis Surya Palapa dan Area Sales Director Asia Pacific and South East Asia Progress Rail Matthew Dunwoodie dan disaksikan oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian Mohamad Risal Wasal, Commercial Attaché Kedutaan Besar Amerika Serikat Melissa A. Marszalek, serta Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo.

Pengadaan sarana sejumlah 54 lokomotif baru ini, merupakan kelanjutan dari pembelian 91 lokomotif sebelumnya yang telah KAI terima sejak 2011. Sebanyak 54 lokomotif tersebut rencananya akan datang secara bertahap mulai April 2025 hingga April 2026.

penandatanganan kontrak kerja sama pengadaan 54 lokomotif antara KAI dengan Progress Rail
penandatanganan kontrak kerja sama pengadaan 54 lokomotif antara KAI dengan Progress Rail

Lokomotif berjenis GT38AC atau CC 205 memiliki kemampuan menarik kereta atau gerbong yang besar.

Lokomotif jenis ini dirancang khusus untuk lingkungan Asia Tenggara dan telah terbukti beroperasi secara baik dengan menggunakan bahan bakar biodiesel (B35) yang ramah lingkungan.

Adapun spesifikasi lokomotif ini di antaranya memiliki mesin 710 delapan silinder, motor traksi AC yang kuat dan tahan lama, serta rancangan kabin dan bodi lokomotif yang mendukung visibilitas masinis.

Executive Vice President of Locomotive Progress Rail, Jack Zhang mengatakan, pihaknya menyambut baik kesempatan untuk bekerja sama kembali dengan KAI dalam menghadirkan lokomotif seri GT yang telah menunjukkan kinerja, keandalan, dan efisiensi yang prima.

“Kami berharap dapat melanjutkan dukungan kami terhadap KAI dengan solusi yang kami tawarkan untuk membantu mereka mencapai tujuan operasional dan pengurangan emisi,” kata Jack Zhang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Gajah Kusumo
Editor : Gajah Kusumo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler