Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3 Afiliasi Pertamina Raih Platinum Champion Program CSR BISRA 2024

Tiga perusahaan terafiliasi PT Pertamina (Persero) memenangkan penghargaan platinum dalam ajang Bisnis Indonesia Corporate Social Responsibility Award (BISRA).
PT Pertamina Geothermal Energy Energy Tbk. (PGEO) melakukan groundbreaking proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Lumut Balai Unit 2 yang pada Selasa (19/12/2023) di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, menandai dimulainya proyek berkapasitas 55 MW tersebut. Bisnis-Emanuel B. Caesario.
PT Pertamina Geothermal Energy Energy Tbk. (PGEO) melakukan groundbreaking proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Lumut Balai Unit 2 yang pada Selasa (19/12/2023) di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, menandai dimulainya proyek berkapasitas 55 MW tersebut. Bisnis-Emanuel B. Caesario.

Bisnis.com, JAKARTA — Tiga perusahaan terafiliasi PT Pertamina (Persero) memenangkan penghargaan platinum dalam ajang Bisnis Indonesia Corporate Social Responsibility Award (BISRA) di Ballroom Reffles Hotel, Jakarta, Kamis (27/6/2024). 

Ketiga afifliasi itu di antaranya PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGEO) Area Kamojang, PT Pertamina Geothermal Energy Area Ulubelu, dan  PT Pertamina EP Sangatta Field.

GM PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. (PGEO) Area Kamojang Rahmad Harahap menilai positif atas terpilihnya PGEO Kamojang sebagai salah satu pemenang penghargaan platinum BISRA. 

“Kami ucapkan terima kasih kepada Bisnis Indonesia yang telah mengapresiasi perusahaan-perusahaan yang menerapkan CSR,” kata Rahmad saat menerima penghargaan. 

PGEO Kamojang menang atas program unggulan Canaya Geothermal Coffee. 

Canaya Geothermal Coffee menyediakan kopi arabica dari daerah Kamojang yang dikeringkankan melalui Geothermal Dryhouse sehingga dapat mempercepat proses pengeringan kopi dari pengeringan secara konvensional dan merupakan bentuk direct use geothermal di Indonesia.

“Kami sudah menerapkan ini sejak lama, karena bagaimana pun usaha apa pun yang kita lakukan itu tidak akan bermanfaat kalau tidak memberikan kepada lingkungan sosial dan masyarakat,” kata Rahmad. 

Sementara itu, PGEO Area Ulubelu menang untuk program unggulan Empowering Local Communities to Strengthen Ulubelu Social Forestry.

GM PGEO Area Ulubelu Hadi Suranto mengatakan program CSR itu berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat sekitar area operasi. 

“Sebagai perhutanan sosial di situ ada tanaman kopi sebagai penghasilan utama di situ,” kata Hadi. 

Selain itu, PT Pertamina EP Sangatta Field memenangkan penghargaan untuk program unggulan EduPark Kelulut Sangatta

Program CSR ini memberi pemberdayaan untuk petani madu kelulut sembari ikut mengembangkan potensi di sektor wisata, industri, UKM dan sumber daya alam lainnya. 

Selain tiga entitas bisnis Pertamina itu, dua pemenang lainnya kategori platinum di antaranya PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Pabrik Tuban untuk program unggulan Inovasi Sosial Pemanfaatan Air Permukaan untuk Pengembangan Pertanian dan Perikanan. 

Selanjutnya, PT Tirta Investama Pabrik Klaten memang untuk program unggulan Pelestarian Penghidupan di Bentang Alam Sub DAS Pusur. 

Sebagai informasi, Bisnis Indonesia kembali menggelar BISRA 2024 pada Kamis, (27/6/2024) yang mengusung tema Paving The Way Sustainable Business: Innovation in CSR. Totalnya, ada 46 perusahaan yang mengikuti acara penghargaan terhadap CSR perusahaan ini.

Selain kategori Special Award, ada lima kategori untuk perusahaan pemenang dalam BISRA 2024, di antaranya yaitu Special Mention, Silver Champion, Gold Champion, Platinum Champion, dan Top 5 Platinum Champion.

Perusahaan besar dari berbagai lini industri seperti Pertamina, Pupuk Indonesia, Indah Kiat Pulp and Paper, hingga Bank Rakyat Indonesia telah berlomba untuk menonjolkan berbagai program CSR yang mereka miliki. 

Penjurian dilakukan oleh Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Bappenas Vivi Yulaswati, National Director Habitat for Humanity Indonesia Susanto Samsudin, dan Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia Maria Y. Benyamin.

Program corporate social responsibility (CSR) bukan sekadar sebagai penggugur kewajiban perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Melainkan, implementasi program yang baik juga dipercaya mampu membawa dampak positif bagi perusahaan.

Adapun, program CSR yang dijalankan dengan baik juga dipercaya mampu meningkatkan relasi yang baik dengan masyarakat sekitar hingga mampu menggaet kualitas pegawai perusahaan ke depan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper