Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wamenkeu Suahasil di Pertemuan Asean: RI Alokasikan APBN untuk Perubahan Iklim

Ini deretan kebijakan dan penggunaan APBN sebagai bagian dalam mengatasi krisis iklim.
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dalam media briefing, Senin (12/10/2020). - Bisnis/Jaffry Prabu Prakoso
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dalam media briefing, Senin (12/10/2020). - Bisnis/Jaffry Prabu Prakoso

Bisnis.com, JAKARTA — Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengungkapkan bahwa Indonesia turut ambil bagian dalam mengatasi perubahan iklim melalui anggaran yang sudah tercantum dalam APBN

Suahasil menjelaskan dengan pemandangan hamparan sawah dan gunung di Laos, APBN telah melakukan penandaan anggaran perubahan iklim atau climate budget tagging. 

Bukan hanya itu, APBN juga melakukan pembiayaan hijau, termasuk Green Bonds, Blue Bonds, bahkan juga beberapa Retail Bonds kita dihubungkan denga pemanfaat yang sifatnya menangani perubahan iklim. 

"Satu hari nanti kita akan menerapkan pajak karbon yang kita hubungkan dengan pasar karbon. Ke semuanya untuk pembangunan rendah karbon Indonesia," tuturnya dalam unggahan @suahasil usai menghadiri Pertemuan Menteri Keuangan Asean di Laos, dikutip Senin (8/4/2024). 

Pada unggahan di akun Instagram pribadinya tersebut, Suahasil membagikan kegiatannya selama keketuaan Laos dalam Asean 2024.  

Pertama, High Level Policy Dialogue bersama menteri keuangan dari seluruh Asean dan Asian Development Bank (ADB), yang mendiskusikan hal yang dapat dilakukan menkeu dalam menangani perubahan iklim.

Kedua, acara khusus Retreat Menteri Keuangan ASEAN dengan topik Green Development yang hanya dihadiri terbatas oleh para Menteri Keuangan atau Ketua Delegasi dari 11 Negara ASEAN termasuk yg paling muda yaitu Timor Leste. 

"Asean sudah mengeluarkan Taxonomy of Sustainable Finance, suatu guidance bagi sektor keuangan mendanai pembangunan berkelanjutan. Kita perlu terus konsisten menggunakan dudget untuk mendorong pembangunan berkelanjutan," lanjutnya. 

Adapun, Indonesia telah memiliki dua komitmen dalam menangani perubahan iklim. Pertama, Nationally Determined Contribution (NDC) yang targetnya terus pemerintah perbarui dan telah ditingkatkan pada 2022 lalu. 

Kedua, Indonesia bertekad mencapai net zero emission pada tahun 2060 atau lebih cepat.

Diketahui, Suahasil mewakili Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam kegiatan tahunan Asean tersebut. Dirinya hadir bersama Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Febrio Kacaribu dan Direktur Jenderal Perbendaharaan Astera Primanto. 

Dirinya bersama rombongan juga menikmati kereta cepat Laos China Railway, mirip Whoosh, untuk menuju tempat acara Asean 2024.

View this post on Instagram

A post shared by Suahasil Nazara (@suahasil)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler