Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Cara yang Tepat Untuk Menjaga Keselamatan dan Kesehatan Bumi

Anda bisa menjaga kesehatan dan keselamatan Bumi adalah tugas utama bagi seluruh manusia.
Planet bumi bulat/istimewa
Planet bumi bulat/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Bumi merupakan tempat tinggal bagi seluruh manusia. Sebagai tempat kehidupan yang dilakukan oleh manusia, membuat bumi mengalami rotasi dan perubahan setiap waktu. 

Perubahan iklim dan pemanasan global yang terjadi, menjadi permasalahan serius bagi manusia. Perubahan cuaca yang terjadi secara ekstrim, bencana alam yang terjadi karena peningkatan air laut, berdampak langsung terhadap kehidupan manusia.

Banyaknya bencana besar dan pergeseran dari musim kemarau ke penghujan, membuat situasi di Bumi mengalami penyesuaian. Penyesuaian tersebut berdampak pada kehidupan ekonomi maupun lingkungan sekitar.

Dilansir dari science.howstuffworks.com dan wwf.org.uk, Anda bisa melakukan kegiatan yang memiliki dampak besar bagi lingkungan. Mulai dari hal-hal kecil dan perlahan seperti mengolah bahan limbah plastik, mengurangi pemakaian plastik, serta menanam tanaman hijau di lingkungan sekitar. Hal-hal kecil tersebut, memiliki dampak baik yang sangat  besar bagi kelestarian lingkungan dan keselamatan Bumi.

Jika sebagian dari Anda masih ragu dan bimbang terkait hal-hal yang dapat membantu kelestarian bumi dan lingkungan, maka ada beberapa cara yang harus dicoba dan diperhatikan terkait hal tersebut.

berikut 10 cara yang tepat untuk menjaga keselamatan dan kesehatan di Bumi:

1. Beraktivitas dengan bersepeda atau berjalan kaki

Bersepeda dan berjalan kaki merupakan suatu hal yang dapat menyehatkan jiwa dan raga seseorang, serta mengurangi kadar polusi yang ada dalam suatu wilayah. Jika Anda terbiasa menggunakan transportasi berat yang menyebabkan emisi karbon meningkat, maka beralihlah menggunakan sepeda dan berjalan kaki menuju suatu tempat. 


2. Mengurangi dan mendaur ulang sampah 

Sampah dari hasil konsumsi produk atau barang yang digunakan sehari-hari, dapat diolah kembali menjadi barang berharga dan tentunya ramah lingkungan.

Jika Anda terbiasa menggunakan bahan plastik, maka kurangi pemakaian tersebut dengan bahan lain yang lebih sehat dan aman. Plastik hanya membuat peningkatan sampah meningkat dan menumpuk pada area sungai bahkan laut. 

Sudah banyak tempat-tempat yang menyediakan jasa untuk mendaur ulang sampah plastik dan lainnya menjadi barang unik dan berharga. Anda dapat memanfaatkan hal tersebut, untuk menjaga kelestarian lingkungan sekitar, dan keselamatan Bumi yang lebih panjang. Kini, Anda dapat menggunakan paper bag, goodie bag, tumbler, dan hal lain yang bersifat eco friendly. Selain ramah lingkungan, barang-barang tersebut bersifat tahan lama dan aman untuk dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari.

3. Membuat pupuk dan eco enzym

Pupuk dapat dibuat dari beberapa bahan limbah rumah tangga seperti sampah sayuran, kotoran hewan dan sebagainya. Anda dapat memanfaatkan sampah tersebut menjadi pupuk tanaman yang memiliki dampak yang baik bagi lingkungan.

Eco enzym merupakan fermentasi dari sampah sayuran bersama bahan tambahan air dan gula. Hasil dari eco enzym tersebut akan menghasilkan cairan ramah lingkungan yang baik bagi ekosistem sungai, dan menjadi karbol alami yang dapat dipergunakan sehari-hari.

4. Menanam pohon

Pohon menjadi sumber dan penghasil oksigen yang baik bagi kehidupan manusia. Menurut laporan Panel Antarpemerintah PBB tentang  perubahan iklim (IPCC), pada tahun 2023 keadaan di Bumi semakin memburuk akibat emisi gas rumah kaca. Maka dari itu, penanaman pohon diperlukan untuk menjaga keseimbangan dan menghasilkan kadar oksigen yang lebih baik bagi kehidupan manusia.

5. Menghemat energi

Penghematan energi menjadi opsi yang cukup tepat dan ramah untuk menjaga keselamatan Bumi. Selain menjaga kesehatan Bumi, Anda juga terbilang hemat untuk membayar tagihan listrik setiap bulan.

Cara yang tepat adalah membuat sirkulasi udara yang baik di dalam rumah, dengan memperhatikan tata letak dan jenis yang akan digunakan. Hindari penggunaan jendela kaca yang berlebih, karena berdampak pada emisi rumah kaca dan mengancam keselamatan Bumi. 

Sebaiknya bangun sirkulasi udara dengan rongga yang tepat pada setiap sisi rumah, supaya udara dan sinar matahari dapat masuk dengan mudah. Anda tidak perlu menyalakan lampu pada siang hari, dan cukup memanfaatkan sinar matahari yang masuk dari rongga-rongga tersebut.

6. Menghemat air

Penggunaan dan penyediaan air bersih tidak merata dirasakan oleh para penduduk Bumi. Maka dari itu, setiap manusia harus memanfaatkan penggunaan air sebaik mungkin sesuai dengan fungsinya. Jangan nyalakan air secara terus menerus tanpa kebutuhan yang tepat. Jika keran Anda mengalami kebocoran, maka tampung air tersebut pada bak atau ember, untuk menghindari pembuangan air yang mubazir.

7. Beralih menggunakan transportasi umum

Penggunaan transportasi di kalangan masyarakat, mengalami peningkatan setelah adanya kesadaran dari antar individu. Penggunaan kendaraan pribadi dalam jumlah yang banyak, hanya akan meningkatkan emisi karbon dan polusi yang berlebih. Sebagai masyarakat yang bijak, banyak orang yang memilih untuk menggunakan kendaraan umum dengan alasan ramah lingkungan, murah, dan terhindar dari macet.

Banyak transportasi umum yang menggunakan bahan bakar listrik, sebagai upaya pengurangan emisi karbon di beberapa kota besar. Anda dapat memilih menggunakan transportasi umum, sebagai wujud kepedulian kepada sekitar.

8. Beralih ke LED

Lampu jenis banyak digunakan oleh masyarakat. Penggunannya memiliki dampak yang buruk bagi lingkungan dan menyebabkan keborosan dalam kehidupan rumah tangga. Anda dapat mengganti jenis lampu dengan tersebut dengan lampu LED yang bersifat awet tahan lama untuk penghematan energi.

9. Mengikuti volunteer 

Mengikuti kegiatan volunteer yang bertujuan untuk menjaga keselamatan Bumi, menjadi poin penting dalam pelestarian lingkungan. Anda menjadi salah satu penduduk bumi, memiliki tanggung jawab atas keselamatan dan kesehatan Bumi dalam jangka panjang. Mengikuti volunteer akan membuat Anda merasa tertantang dan peduli atas pentingnya menjaga kesehatan Bumi bagi keberlangsungan hidup manusia.

10. Bersikap tegas dan kritis

Menjaga kesehatan dan keselamatan Bumi adalah tugas utama bagi seluruh manusia. Sebagai makhluk yang hidup dengan akal, tentunya membuat Anda menjadi orang yang dapat melakukan banyak hal positif bagi kelestarian lingkungan. Mulailah membaca informasi terkait alam, planet, dan cara pelestarian yang tepat untuk menambah nilai edukasi dan tanggung jawab atas hal tersebut.

Berani berubah kearah yang lebih baik dengan menggunakan bahan dan barang yang ramah lingkungan, dan menolak untuk memakai produk yang berdampak buruk bagi kesehatan lingkungan. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler